Angpao Saat Sangjit

Read Time:7 Minute, 44 Second

Angpao Saat Sangjit – Dan dalam prosesi ini diberikan bingkisan dari keluarga mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita sebagai simbol bahwa pihak wanita akan ‘dibawa’ untuk bergabung dengan keluarga mempelai pria.

Namun sejak kecil saya tidak mengenal istilah ini karena di keluarga saya yang tinggal di daerah Kendari dan Makassar, prosesi ini lebih sering disebut Song Ping (baca: lagu phing) dan Song Jiajuan (baca: lagu ciacuang).

Angpao Saat Sangjit

Angpao Saat Sangjit

Sedangkan Song Jiajuan dibawakan oleh keluarga calon mempelai wanita dengan membawa/mengantar barang-barang pribadi calon mempelai wanita ke rumah mempelai pria, sebagai simbol bahwa calon mempelai wanita sudah siap untuk tinggal dan tinggal bersama suaminya.

Angpao Sangjit By Mim Creative

Semua prosesi ini, baik Song Ping, Song Jiajuan dan Sangit sendiri dilakukan seminggu atau sehari sebelum pernikahan sesuai kesepakatan antara keluarga.

Saya akan menjelaskan masing-masing prosesi ini secara lebih rinci sebelum masuk ke seluk-beluk prosesi Sangjit yang saya dan suami saya lakukan sebelum hari pernikahan.

Jika ingin melewatkan penjelasan tentang kedua proses tersebut, Anda bisa langsung scroll ke bawah untuk membaca point c tentang pengalaman Sangjit kami.

Dalam prosesi ini, pihak keluarga mempelai pria akan membawakan rangkaian bingkisan kepada keluarga mempelai wanita sebagai tanda bahwa pihak pria telah siap memenuhi segala kebutuhan pihak wanita dalam kehidupan berumah tangga kelak.

Google Ungkap Tren Penelusuran Jelang Tahun Baru Imlek, Angpao Dan Barongsai Banyak Dicari

Jumlah hadiah yang diberikan selalu genap. Seperti pada saat Tingjing, sesajian yang berjumlah genap melambangkan bahwa di masa depan semua kebutuhan keluarga baru ini akan terpenuhi. Apalagi segala hal yang digunakan dan dilakukan dalam prosesi pernikahan adat Tionghoa ini selalu seragam atau berpasangan.

| Orang tua calon mempelai pria menyerahkan barang kepada perwakilan keluarga sebelum dibawa ke rumah calon mempelai wanita |

Di era Song Ping, mempelai pria dan orang tua mempelai pria tidak perlu mengikuti prosesi tersebut. Hanya anggota keluarga yang belum menikah yang membawa meja persembahan.

Angpao Saat Sangjit

Usai resepsi, sepasang anggota keluarga laki-laki yang sudah menikah mewakili orang tua mempelai laki-laki untuk menyerahkan sesajen kepada calon wakil keluarga mempelai perempuan.

Serba Serbi Sangjit, Tradisi Lamaran Adat Tionghoa Yang Penuh Makna: Tata Cara, Prosesi, Dan Seserahan Yang Harus Dibawa

Uang susu adalah uang yang menjadi simbol pembayaran atas segala jerih payah ibu calon mempelai yang mengasuh, membesarkan dan merawat calon mempelai sebelum menjadi istri calon mempelai wanita. Uang susu ini akan diambil seluruhnya oleh ibu calon mempelai. Jumlah uang susu ditentukan oleh keluarga mempelai pria sebagai penghargaan kepada calon ibu mertua.

Uang mahar atau disebut juga uang pesta adalah uang untuk membayar biaya pernikahan. Uang ini hanya akan diambil sebagian oleh keluarga mempelai wanita, karena jika diambil semua, berarti biaya pesta sepenuhnya menjadi tanggungan keluarga mempelai wanita. Besaran mahar sebenarnya merupakan keputusan keluarga mempelai pria atau bisa juga disepakati oleh kedua belah pihak. Namun, karena uang mahar memang hanya simbol, ada dua alternatif pemberian mahar yang sering dilakukan.

Alternatif 1: Mahar diberikan dengan jumlah yang disepakati, misalnya Rp. 8.000.000. Jadi uang yang diterima dari keluarga calon mempelai hanya membutuhkan Rp 2.000.000. Atau bisa setengah dari Rp 4.000.000. Atau yang lainnya, ambil saja denah atas dan denah bawah (misal nilai nominal Rp 100.000, maka diambil hanya Rp 200.000).

Alternatif 2: Mahar diberikan dalam denominasi mata uang apa saja, yaitu Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 100.000 (mata uang bisa digunakan tergantung rupiah). tersedia). Jadi total maharnya adalah Rp 188.000. Alternatif kedua ini juga berarti harta rumah kedua pasangan akan terus menerus sampai 7 generasi (karena jumlahnya tujuh kali lipat ya..). Sebagai alternatif pertama cara keluarga calon mempelai mengumpulkan uang mahar dapat ditambahkan pada alternatif kedua ini.

Jual 12pcs Angpao Sangjit

Untuk pemberian semacam ini, biasanya banyak “pengikut”. Artinya, selain baju atau baju yang diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita, masih banyak aksesoris tambahan yang sering disertakan, seperti tas, sepatu, jam tangan. Calon pengantin biasanya juga diperbolehkan ikut menentukan berbagai unsur tersebut.

Kalau dalam bahasa Jawa, barang ini biasanya diberikan untuk keperluan wanita dari ujung rambut sampai ujung kaki. Begitu banyak barang seperti perhiasan, alat rias, perlengkapan mandi, pakaian dalam, handuk, dan lainnya juga disertakan sebagai hadiah.

Garmen atau kain ini juga melambangkan bahwa mempelai pria memenuhi semua kebutuhan pakaian mempelai wanita.

Angpao Saat Sangjit

Sebagai imbalannya, keluarga mempelai wanita juga menyediakan pakaian untuk keluarga mempelai pria. Biasanya yang diberikan berupa baju, celana, ikat pinggang, sepatu dompet (boleh juga penampilan tambahan) untuk dikenakan oleh calon mempelai pria di hari pernikahan.

Prosesi Sangjit, Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan?

Lilin ini dilambangkan sebagai cahaya yang melindungi keluarga baru dari segala pengaruh negatif. Lilin ini biasanya bermotif naga dan palem (atau palem) dan dijual berpasangan. Saat sesajen dikembalikan, sepasang lilin diambil oleh keluarga mempelai wanita dan sepasang lainnya dikembalikan ke keluarga mempelai pria.

Item ini cukup untuk 2 botol. Pada saat mengembalikan sesajen, keluarga mempelai wanita mengambil semuanya dan diberi hadiah 2 botol sirup merah.

Buahnya memiliki banyak arti dan simbol, seperti kemakmuran, kedamaian, keberuntungan. Apel, jeruk, pir, buah manis lainnya atau buah kalengan bisa dijadikan alternatif kado ini. Jumlah buah juga harus genap, dan sebagian nantinya akan dikembalikan ke keluarga calon mempelai pria.

Dulu, keluarga mempelai pria biasanya membawa babi panggang untuk keluarga mempelai wanita. Namun, saat ini dapat diadaptasi menjadi babi kalengan (kaki babi atau makanan serupa yang mengandung babi kalengan). Kalau pakai kaleng, jumlah barangnya genap ya. Seperti barang lainnya, sebagian daging babi dikembalikan ke keluarga mempelai pria. (Tapi saya bahkan tidak tahu bagaimana mengembalikannya jika yang diberikan adalah babi utuh.)

Acara Sangjit Lamaran Adat Tionghoa

Karena banyak suku Tionghoa juga memiliki kepercayaan yang berbeda tentang simbol hadiah, ada unsur lain yang dapat ditambahkan pada hadiah Song Pingini, seperti:

Semua barang ini, jika ingin dimasukkan, harus berjumlah genap dan sebagian dikembalikan ke keluarga mempelai pria.

Sebagai catatan, jika memungkinkan, semua barang hadiah, setiap barang diberi stiker bertuliskan Xi (囍), atau sering disebut Shuangxi, dan juga diikat dengan pita merah.

Angpao Saat Sangjit

Untuk menutup prosesi Song Ping, ia boleh menawarkan keramahtamahan dari keluarga calon mempelai wanita. Orang tua calon mempelai wanita kemudian mengembalikan sebagian bingkisan seperti yang telah dijelaskan di atas dan juga menambahkan kue (tart atau cake) untuk keluarga calon mempelai wanita. Anggota keluarga yang membawa meja pengantaran juga akan membawa meja pengembalian.

Mengenal Tradisi Sangjit, Prosesi Lamaran Khas Tionghoa

Kemudian, ketika calon anggota keluarga calon mempelai pria hendak meninggalkan rumah calon mempelai wanita, ayah calon mempelai wanita akan memberikan Hongbao berisi uang sebagai ucapan terima kasih kepada pembawa cakram.

Sebagian besar prosesi Song Pingini kami lakukan untuk prosesi Sangjitkami. Untuk detail dan pemesanan akan dijelaskan di poin c ya..

Kemudian, setelah semua anggota keluarga calon mempelai pria pulang, giliran keluarga calon mempelai wanita bersiap membawa barang-barang calon mempelai untuk ditata di rumah calon mempelai pria.

Anggota keluarga calon mempelai wanita biasanya wanita atau ibu yang sudah menikah, selain orang tua calon mempelai sendiri.

Jual Dijual Custom Nama Angpao Wedding Angpau Nikahan Amplop Kondangan B

Pembukaan prosesi ini kurang lebih seperti Song Ping. Anggota keluarga calon mempelai wanita membawa barang milik pihak wanita ke rumah calon mempelai pria kemudian disambut oleh anggota keluarga mempelai pria.

Namun kemudian anggota keluarga calon mempelai wanita membawa benda tersebut ke kamar mempelai wanita yang telah disiapkannya di rumah pihak laki-laki. Kemudian barang-barang wanita diatur di lemari pengantin. Selain itu, anggota keluarga juga menyiapkan (membersihkan) tempat tidur kedua mempelai.

Baju baru, semuanya pasti baru, mulai dari baju, celana/rok, bahkan pakaian dalam. Jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai.

Angpao Saat Sangjit

Hygiene item yaitu perlengkapan kamar mandi seperti handuk, sabun, sikat gigi dan lain-lain tergantung kebutuhan wanita tersebut. Alat rias juga bisa disertakan.

Mengenal Tradisi Pernikahan Budaya China

Tempat tidur Dahulu, karena tidak ada kamar mandi di dalam kamar, maka kedua mempelai menyediakan pispot untuk kamar baru mereka bersama suami.

Barang elektronik. Jika calon mempelai cukup mampu, biasanya barang-barang seperti setrika, televisi, kulkas, rice cooker, microwave oven, bahkan mesin jahit bisa dibawa ke rumah calon suaminya.

Pakaian, perlengkapan mandi, seprai, dan selimut umumnya sudah termasuk dalam koper. Koper ini dibawa oleh anggota keluarga calon mempelai wanita. Jadi tidak lagi datang dalam kotak/box atau delivery tray.

Bahkan kami tidak melakukan prosesi Song Jiajuanini karena keluarga lelaki itu tidak tinggal di kota tempat kami mengadakan upacara pernikahan. Oleh karena itu, prosesi ini dapat dilewati.

Angpao Tingjing / Engagement / Wedding Oleh Florence Graphic

So.. Jujur saja, semua hal di atas masih membuat saya kurang mendalami prosesi Sangjit. Juga, saya sering bertanya, apakah hanya prosesi Song Ping atau keduanya digabungkan?

Selain semua penjelasan di atas, berikut beberapa prosesi Sangjit yang kami lakukan dengan barang-barang adat yang kami gunakan.

Sedangkan baki hantaran lainnya diberikan kepada anggota keluarga yang lebih muda untuk siap diantar ke rumah mempelai wanita.

Angpao Saat Sangjit

Setibanya di rumah calon mempelai wanita, anggota keluarga calon mempelai wanita bersiap untuk menyambut anggota keluarga calon mempelai pria.

Tata Cara Prosesi Sangjit

Usai resepsi, dilakukan penyerahan meja secara simbolis dari perwakilan keluarga mempelai pria kepada orang tua mempelai wanita.

Setelah prosesi serah terima selesai dan susunan piring, calon mempelai pria dan kerabat barunya bisa datang ke rumah calon mempelai wanita untuk bertemu dengan seluruh keluarga calon mempelai (tentunya dengan calon mempelai, silahkan. .. )

Saat ini, calon pengantin pria membawakan bunga untuk calon pengantin wanita (saya tidak tahu dari mana ide improvisasi romantis ini berasal.

Angpao sangjit, souvenir sangjit, sangjit dress, perlengkapan sangjit, paket sangjit, perhiasan sangjit, sangjit, box sangjit, angpao, acara sangjit, lilin sangjit, barang sangjit

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Angpao Lebaran Dari Jajan
Next post Angpao Kertas Kado